Detail Cantuman Kembali
Hubungan antara iklan partai demokrat di media televisi dengan sikap masyarat tentang partai demokrat
HUBUNGAN PERSEPSI IKLAN PARTAI DEMOKRAT DENGAN rnKEPUTUSAN PEMILIH rn(Studi Koreksi persepai iklan partai demokrat di televisi rnpada masyarakat bandung)rnrnOLEH : SUHENDRA ATMAJArnrnIklan politik melalui media massa merupakan salah satu alternative yang sering dipilih Parpol dan calon-calon pemimpin politik dalam pelaksanaan kampanye Pemilu. Pertimbangan-pertimbangan yang menjadi landasan mereka memutuskan menggunakan media komunikasi politik itu biasanya adalah faktor keunggulan media massa dalam menjangkau khalayak yang sangat luas dan faktor peluang menyampaikan pesan-pesan politik dengan berbagai pilihan strategi komunikasi.rn Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara komponen-komponen persepsi exposure, attention, comprehension, acceptance, retention (model Proses informasi) dengan keputusan memilih Partai Demokrat pada Pemilu. Mengetahui hubungan antara komponen-komponen persepsi Attractiveness, Credibility, Visibility, power (model visCAP) denga keputusan memilih Partai Demokrat pada Pemilu.]rn Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekaan korelasional yang berusaha mengetahui hubunganantara persepsi tentang iklan partai Demokrat dengan keputusan memlilih masyarakat dalam pemilu. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Pengujian instrument dilakukan dengan menggunakan uji Validitas dan Reliabilitas.rn Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Bandung yang sesuai dengan kriteria dari penelitian ini. Besaran sampel yang digunakan yaitu 100 orang (survei Langsung). Teknik sampel yang digunakan yaitu teknik sampling berstrata (Stratified sampling).rn Hasil penelitian mmperlihatkan bahwa nilai korelasi (0,368) yang positif menunjukkan bahwa variable X (persepsi tentang PD) berbanding lurus dengan variable Y (kecenderungan mmilih PD). Pada hasil uji korelasi di atas, dapat dilihat bahwa Sig(0.000) < α 0.01 maka H0 diterima, dan jika Sig < α 0.01 maka H¬0 ditolak. Berdasarkan nolai Sig(0.000) yang didapat dari uji korelasi, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak, yang berarti ada hubungan antara persepsi tentang PD dengan kecenderungan untuk memilih PD pada Pemilu.rnrnKata Kunci : Iklan politik, persepsi, dan keputusan memilih.rn
Tes
328.1 ATM.h
328.1
Buku Teks
Indonesia
2014
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...